Minggu, 23 September 2012

Feds, Alat Nirkabel Penghubung Komunikasi Antar Mobil

Feds, Alat Nirkabel Penghubung Komunikasi Antar Mobil

 

Hindari kecelakaan dengan sistem pengiriman sinyal.

Dalam beberapa minggu, sekitar 2.800 mobil, truk, dan bus akan dapat saling berkomunikasi di jalanan Ann Arbor, Michigan, dalam rangka uji coba yang dilakukan pemerintah untuk keselamatan di jalan yang lebih baik.

Alat nirkabel pada mobil akan mengirimkan sinyal kepada yang lain untuk memperingati sopir akan adanya bahaya seperti kemacetan atau mobil yang menerobos lampu lalu-lintas. Alat ini juga dapat mengubah lampu merah menjadi lampu hijau jika tidak ada mobil yang melintas.

Departemen Transportasi Amerika Serikat dan Universitas Michigan berharap proyek senilai US$ 25 juta ini akan menghasilkan data yang memperlihatkan bahwa peralatan ini  bisa mengurangi risiko kecelakaan.

Nantinya alat ini dapat digunakan di semua kendaraan. Sekitar 500 kendaraan saat ini telah menggunakan alat ini di jalan. Dalam enam minggu ke depan, jumlahnya akan menjadi 2.800 kendaraan.

“Kami akan menggunakan informasi yang didapat untuk diterapkan pada teknologi kendaraan di kehidupan sehari-hari,” ujar Sekretaris Transportasi Ray LaHood.

Pada tahun lalu, lebih dari 32.000 orang meninggal dalam kecelakaan berkendara di AS, turun 1,7% dari tahun 2010. Tingginya tingkat kecelakaan membuat beberapa produsen mobil menambahkan peranti keselamatan, seperti kantong udara, antilock brakes, dan kontrol stabilitas.

Namun, Lahood mengatakan bahwa 80% kecelakaan yang disebabkan bukan karena pengaruh alkohol atau narkoba bisa dicegah apabila tiap mobil bisa saling berkomunikasi.

Dalam demonya di Institut Riset Transportasi, mobil Volkswagen GTI yang dilengkapi alat itu mendapat sinyal bahwa mobil di depannya akan mengerem. Dengan begitu, pengendara GTI akan melambatkan kendaraannya sebelum mobil di depan menginjak rem.

Selain itu, alat itu juga memperingatkan jika akan ada mobil yang mengebut lewat di perempatan.

Ford, General Motors, Honda, Hyundai/Kia, Mercedes-Benz, Nissan, Toyota dan Volkswagen/Audi juga turut serta dalam tes itu.

Teknologi akan dapat digunakan secara luas dalam 10 tahun ke depan, ujar Sweatman, Direktur Institut.

Para pembuat mobil telah menambahkan peralatan keselamatan seperti detektor blind-spot yang memperingatkan jika ada kendaraan lain yang masuk ke jalur, serta radar yang akan memperlambat kendaraan jika mendekati suatu objek terlalu cepat. Teknologi-teknologi itulah yang akan disatukan dalam eksperimen ini.
Penulis: AP/ Dewi Ria Utari

 

Dikutip dari : http://www.beritasatu.com/digital-life/67741-feds-alat-nirkabel-penghubung-komunikasi-antar-mobil.html

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar